Jika tiap langkah bukan lagi untuk manusia


Seandainya kita menyadari, bahwa tidak ada satu pun bagian dari tubuh kita, yang memang kita miliki. Makanya di istilah Sunda dikenal 

“manusia” = mana nu sia? (mana yang punya kamu?)😀

Ya mungkin ada yang bilang juga, istilahnya cuma dititipin. Terus, kalau bukan kita, dan mmang milik Allah, apa kah berarti kita tidak bisa memanfaatkannya? Justru setiap yang kita miliki itu adalah nikmat Nya, manifestasi kasih sayang dan cinta Nya yang besarnya tidak pernah bisa kita bayangkan. Lalu, apa yang bisa kita lakukan?

Pertanyaan retoris sebenarnya. Kalau saja kita menerima sebuah hadiah dari orang lain, apa kah yang kita lakukan? Setidaknya, sekedar terima kasih sudah sebuah hal yang benar. Lalu, nikmat yang besar yang Allah beri pada kita, yang bukan sekedar hadiah kecil dari manusia lain, apa yang bisa kita ucapkan sebagai terima kasih?

Itu lah syukur. Makanya nabi Muhammad SAW menjawab dengan sangat ringan ketika ditanya “Mengapa engkau masih sangat tekun beribadah, smentara engkau telah maksum, dan dijamin masuk surga, dan diampuni semua dosamu yang telah dan akan engkau lakukan?”

Ia menjawab, 

“Tidak boleh kah aku menjadi hamba yang bersyukur?”

Lalu dengan kita, yang belum sama sekali dijamin akan masuk surga, yang sama sekali tidak dijamin pengampunan dosanya, bagaimana bentuk syukurmu? 

Kalau menurutku, syukur adalah memanfaaatkan dengan semaksimal mungkin semua yang kita miliki untuk sesuatu yang bermanfaat. Sekecil apa pun. Tapi, sebagai manusia yang punya mimpi besar, sudikah kita hanya berbuat hal2 bermanfaat yang kecil2 saja, sementara terlalu banyak potensi yang kita miliki, untuk dibagi pada orang lain, masyarakat, negara, dan Islam. 

 

Satu tag line terakhir yang sering jadi bahan pemacu semangat,

“Beribadahlah seakan kamu akan mati besok, dan bekerjalah seakan kamu akan hidup selamanya”

-fin-

One thought on “Jika tiap langkah bukan lagi untuk manusia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s