Sang Penderas


Hari ini, hujan menyirami seadanya

Selepas perempatan, tak jauh dari halte

Berhenti sejenak, sekedar berganti jubah

Agar siap menerima embun-embun awan

Sore itu di sudut kota

 

Ya, begitu-begitu saja tetesannya

Bukan gerimis, bukan badai

Tapi cukup untuk menembus plastik-plastik ini

Melepeki pakaian yang melekat

Ya, mencaci pun tak lantas jadi reda

Aku nikmati saja

 

Hingga pada satu titik,

Dalam hati, aku bisikkan pada alam

Jangan hanya segini saja, turunkan yang banyak,

Menikmati hujan ini memang menyenangkan

Maka turunkanlah air yang banyak!

 

Hanya selang satu-dua menit saja

Awan seperti merobek pundi-pundi airnya

Terguyurlah air-air itu

BESAR, SANGAT BESAR!

Semesta menjawab bisikku begitu cepat

Namun aku seperti hilang nyali

Tidak, aku kira tidak akan sebesar ini

Mungkin itu adalah hujan terderasku, SANGAT DERAS!

Bukan hanya menyiram, bukan hanya mengguyur

Ia menimpaku!

 

Dalam ketakutan, aku pun ingat sebersit bisik yang lain

Sesaat setelah bisik ku yang pertama, ketika aku mulai menikmati hujan itu

 

“Ya Allah, bersihkanlah aku dari kesalahan-kesalahanku, dengan AIR, salju, dan embun.”

Dan hujan petang itu bukan hujan biasa untukku

Kusibakkan tabir di muka, biar setiap tetes airnya menerpa wajah

Biar bercampur dengan air mata

Entah takut, entah sesal

 

Alam memang adalah mutlak tangan Tuhan yang paling dekat

Ia menyapa tanya, memberi tanda-tanda

Bahkan tidak jarang menjadi petaka

Sekedar untuk membuka mata
Dan hujan itu, meski keras tapi kurasakan lembut

Seperti mengusap hati terdalam

Menegaskan betapa CINTA Ia pada hamba-hambaNya

Biarpun sudah hitam berkerak hati kita,

Ia akan selalu menjawab ketika ditanya

2 thoughts on “Sang Penderas

Leave a Reply

