Umur 20 Tahun yang Tertunda


Hari ini 11 Juli 2012. Di saat warga Jakarta bersantai menikmati hari liburnya, saya sudah melajukan motor pagi-pagi lantaran ada jadwal piket di kantor. Berseragam kasual, jalanan lowong Jakarta pun saya nikmati dengan iringan beberapa lagu dari earphone.

Dalam daftar playlist yang saya buat, yang sebenarnya berjudul “Going Sleep” karena memang disiapkan untuk pengantar tidur, terdapat satu buah lagu dari Padi berjudul Ode. Lagu ini bercerita tentang seorang sosok yang istimewa, yang mampu memberi inspirasi dari kata dan pesannya.

Ingatan saya pun tiba-tiba bergulir pada suatu saat, ketika rekan seperjuangan bernama Zaki Mujahid berkata bahwa lagu Ode ini mengingatkan dia pada seorang teman baik. Namanya Angelina Yofanka. Pasalnya, sehari sebelum kepergiannya, di saung pemandian air panas, kami bernyanyi lagu Ode. Saya, Fanka, Zaki, dan kawan-kawan lain.

Sambil menikmati lengangnya jalanan, saya pun meresapi lirik lagu tersebut. Sekilas teringat tentang detik-detik peristiwa tersebut, ada perasaan sedih dan sesal lagi. Sekilas kemudian, teringat bahwa ada lagu Float yang berjudul Pulang di memori ponsel. Saya pun memainkan lagu tersebut dan diulang beberapa kali. Murni terbawa suasana, tanpa tahu bahwa hari ini tanggal 11 Juli.

Sesampainya di kantor dan membuka laman Facebook, ternyata hari ini adalah ulang tahun Fanka. Seandainya masih ada, usianya genap 20 tahun hari ini. Usia yang seringkali didamba-dambakan banyak remaja.

Lagu membawa kenangan, dan ternyata tepat sesuai dengan hari lahir Fanka. Kata Stephen Hawking, suatu kejadian adalah konklusi dari 6 triliyun probabilitas yang mungkin saja terjadi. Maka, peristiwa hari ini pun bukan sebuah kebetulan. Yang paling diingat bukan wajah, tapi cara pandang, sikap, dan semangatnya. Setidaknya, hal itu selalu berhasil menjadi teguran setiap kali diri mulai kehilangan hasrat untuk bergerak.

People come and go, but the special one will remain

3 thoughts on “Umur 20 Tahun yang Tertunda

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s