Seorang Penyelam


Di suatu perusahaan penambang mutiara, seorang penyelamnya diperintahkan untuk mencari mutiara di dasar laut. Ia diberi perlengkapan selam lengkap, termasuk di dalamnya tabung oksigen yang terisi penuh udara.

Ia pun berangkat ke tengah laut, mengenakan seluruh perlengkapan, lalu menceburkan diri ke dalam laut.

Di kedalaman 10 meter, ia begitu terpesona dengan ikan-ikan tropis yang bergerombol. Berwarna warni mencolok dan sangat lucu. Ia begitu terpesona dengan keanekaragaman bentuk dan warnanya. Ia pun tidak tahan untuk bermain sejenak dengan ikan-ikan tersebut.

Di kedalaman 20 meter, ia menemui berbagai terumbu karang dan tanaman bawah laut yang juga mempesona. Ia begitu tertarik dan penasaran sampai-sampai ia berkeliling untuk melihat seluruh jenisnya. Dengan warna yang tidak kalah indah dengan ikan-ikan tadi, ia pun menghabiskan sebagian waktunya untuk melihat-lihat terumbu karang tersebut.

Sampai di kedalaman 30 meter, indikator oksigen yang ia miliki menunjukkan bahwa persediaan oksigennya tinggal sedikit lagi. Tidak cukup untuk sampai ke dasar laut, tempat kerang mutiara berada. Belum lagi waktu yang dibutuhkan untuk mencarinya. Karena ia mengutamakan keselamatannya, ia pun memutuskan untuk kembali ke permukaan dengan tidak membawa apapun.

Sampai di permukaan, ia pun kembali ke kantor untuk menghadap atasan. Ketika sang atasan bertanya tentang mutiara, ia hanya bisa meminta maaf karena tidak bisa mendapatkan mutiara seperti yang diperintah oleh atasannya itu. Ia justru terpesona oleh keindahan lautnya dan tanpa sadar menghabiskan persediaan oksigennya.

***

Dalam hidup kita juga sering dipalingkan oleh keindahan dunia. Pernak-pernik duniawi yang begitu menarik membuat kita berpaling dan melupakan tujuan utama kita.

“Ya Allah, jadikanlah kebaikan dunia ada di genggaman tangan kami dan akhirat ada di dalam hati kami.”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s