Sanggar Anak Matahari


Tanpa sengaja, melihat profil sebuah sanggar bernama Sanggar Anak Matahari di acara talk show Trans7. Sanggar ini menjadi wadah pengembangan dan pendidikan untuk anak-anak jalanan dan kurang mampu di sekitaran Bekasi (khususnya lingkungan stasiun dan sekitarnya). Keingintahuan saya muncul ketika kata “Bekasi” ini disebut di profil sanggar tersebut.

Setelah cari-cari informasi sedikit dari internet, saya pun memutuskan untuk main-main ke lokasi. Ya meskipun lokasinya berada di daerah “terpinggirkan” (bukan daerah pinggir), tapi ternyata sanggarnya sendiri cukup nyaman. Ternyata tangan Kick Andy sudah lebih dahulu mencapai sanggar tersebut sehingga berhasil mendapat tempat yang lebih baik, setelah saung yang sebelumnya dijadikan lokasi kumpul roboh.

Selain pendidikan agama dan bahasa inggris, sanggar ini juga ingin memberikan keterampilan pada anak-anak binaan di sana agar mereka punya bekal untuk menghidupi diri dan keluarga, tidak selamanya jadi anak jalanan atau pengamen.

Buat rekan-rekan yang mau membagikan sesuatu, baik ilmunya untuk diturunkan, keterampilannya untuk diajarkan, buku untuk disumbangkan, atau sekedar bantu sounding supaya terdengar semakin banyak pihak, silakan buka situsnya di sini atau twitternya di @sanggaranakmata. Kabarnya, mereka sedang butuh beberapa perangkat komputer untuk pelatihan keterampilan komputer.

Berkontribusi untuk lingkungan bisa lewat banyak jalan. Tidak hanya lewat program terstruktur yang sudah banyak peminatnya dan butuh gelar sarjana. Di lingkungan sendiri pun masih banyak yang butuh kok😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s