User Hati


Al-‘Anfāl:24 – Hai orang-orang yang beriman, penuhilah seruan Allah dan seruan Rasul apabila Rasul menyeru kamu kepada suatu yang memberi kehidupan kepada kamu, ketahuilah bahwa sesungguhnya Allah membatasi antara manusia dan hatinya dan sesungguhnya kepada-Nya-lah kamu akan dikumpulkan.

Terhadap potongan ayat yang berformat bold italic di atas, saya sempat membaca keterangan di catatan kakinya. Potongan ayat tersebut menjelaskan bahwa Allah lah yang menguasai hati manusia. Dari sini saya baru paham bahwa manusia memang bisa dibilang ga punya kendali terhadap hatinya sendiri. Kita cuma user, pengguna. Cuma pemakai. Sementara owner dan adminnya cuma Allah. Maka kita ga bisa berbuat apa-apa untuk mengatur hati ini, kecuali dengan cara meminta ke owner dan adminnya untuk mengaturnya.

Tapi Allah sebagai admin hati ini juga menilai, kalau usernya ga apik dalam hal pemakaian hati, maka oleh Nya mungkin aja dibatasi hak gunanya, dikonfigurasi supaya ga semua fiturnya berfungsi, atau bahkan mencabut hak akses sama sekali.

Jadi, kita memang kudu baik-baik ke sang admin kalau mau penggunaan hati kita ga terganggu. Dan begitu ada problem, cepet-cepet lapor ke admin dan minta direparasi. Jangan coba ngoprek sendiri karena ya kita ini cuma user hati, ga kaya fisik yang kita juga masih bisa utak-atik sedikit.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s