Gaya Hidup Muslim: Bentuk-Bentuk Nafs


Bahasan kedua setelah anatomi dari nafs ialah bentuk-bentuknya. masih dari narasumber yang sama yaitu Ustad Aam Amirudin.

Kelima komponen penyusun nafs yang sudah dibahas di post sebelumnya akan saling berinteraksi, saling mencoba memenangkan atas yang lainnya. Bentuk-bentuk nafs atau kepribadian ini terjadi ketika ada salah satu atau beberapa komponen yang mendominasi dan menang lalu menghasilkan sikap, baik positif maupun negatif.

1. Nafs Muthma’innah
Ialah kecenderungan kepada yang baik. Bentuk ini terjadi ketika komponen hawa, yang selalu cenderung kepada keburukan, dapat ditekan. Sementara komponen-komponen yang lain dominan dan cenderung kepada kebaikan. Kepribadian ini lah yang akan mengantarkan ke surga seperti dalam surat Al-Fajr.

“Wahai jiwa yang tenang (nafs muthma’innah). Kembalilah kamu kepada Tuhanmu dengan ridho dan diridhoi. Maka masuklah kamu ke dalam hamba-hamba Ku. Dan masuklah kamu ke dalam surga Ku.”

2. Nafs Lawwamah
Ialah nafs atau kepribadian yang mengoreksi atau menyesali diri atas perbuatan atau sikap buruk yang telah dilakukan dan cenderung untuk tidak melakukannya lagi. Bentuk ini terjadi ketika hawa lebih dominan dan melakukan keburukan. Contohnya ialah ketika seorang ibu memarahi anaknya hingga terlontar kata-kata kasar lalu ia menyesalinya dan tidak mengulanginya lagi.

3. Nafs Amarah
Ialah kepribadian yang mendorong pada keburukan dan sifatnya adiktif sehingga dilakukan berulang-ulang. Bentuk ini juga karena hawa yang dominan namun tetap dilakukan kembali setelahnya. Terkadang, meskipun penyesalan itu muncul, tapi tetap saja dilakukan kembali karena sudah ketagihan. Contohnya mengkonsumsi narkotika.

Selanjutnya akan dibahas tentang penyebab tidak terkendalinya nafsu, insya Allah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s